Thursday, May 2, 2013

Jenis-jenis pakan perkutut


1. Milet
Milet ini merupakan makanan penting buat perkutut, kandungan gizi didalamnya sangat diperlukan sekali buat perkembangan perkutut, milet ini cock digunakan untuk segala jenis perkutut baik itu untuk perkutut didalam sangkar soliter maupun untuk perkutut didalam kandang ternak, namun khusus untuk sangkar soliter pemakaian yang berlebihan akan berakibat kegemukan buat perkutut hendakanya ditakar didalam   Kisaran harga milet antara 5rb-8rb, cukup tinggi memang karena milet merupakan tanaman import yang mesti didatangkan dari luar negeri.

2. Gabah
Selain milet, pakan yang digemari perkutut adalah gabahn gabah yang dimaksud bukan gabah beras yang nantinya untuk konsumsi manusia, jenis gabah disini adalah gabah bangkok dan ukuranya pun jauh lebih kecil dan cenderung agak bulat/oval. Ada 2 jenis gabah bangkok ini yang pertama jenis gabah bangkok merah, sesuai namanya gabah ini didalamnya berwarna merah dan ukuran agak lebih besar biasanya cocok untuk konsumsi perkutut dikandang ternak karena kandungan vitamin e nya yang besar. Jenis gabah bangkok yang kedua adalah gabah bangkok putih, gabah ini didalamnya berwarna putih dan mempunyai ukuran jauh lebih kecil dari gabah bangkok merah dan biasanya banyak digunakan untuk perkutut lomba. Harga gabah bangkok merah kisaran 10-12rb perkg, untuk gabah putih 15-25rb perkg.

3. Juwawut
jenis biji-bijian lainya yang umum dikonsumsi perkutut adalah Jewawut, bentuk butiranya menyerupai milet namun warnaya orange dan cenderung agak kasar, jewamut ini bisanya sangat bagus untuk konsumsi perkutut dikandang ternak bahkan khusus untuk indukan yang sedang mengeram atau meloloh piyikan jewawut ini harus rutin diberikan selain kandungan protein yang tinggi konon jewawut in bisa menggurangi resiko indukan kejang-kejang ddan berujung kematian disaat menggerami. Selain itu jewawut ini harus diberikan buat piyikan yang berumur 2-5bln atau diberikan buat puter/baby sister yang sedang meloloh piyikan, agar berkembangan piyikan jadi sehat dan cepat besar.

4. Ketan Hitam
Ketan hitam ini banyak dijumpai sehari-hari disekitar kita, ketam hitam ini kurang diminati perkutut, namun begitu pemakaianya sangat diperklukan bilamana memasuki musim penghujuan karen ketan hitam ini berfungsi untuk menghangatkan badan perkutut, pemakaianya bisa untuk perkutut dikandang ternak maupun perkutut untuk kandnag soliter, meski fungsinya bagus untuk menghanggatkan badan perkutut namun pemakaian yang banyak dikuatirkan akan cepat merusak suara perkutut, karena ketan hitam ini merangsang bunyi seekor perkutut. Harga kisaran 7rb-10-rb perkg

5. Godem
Godem ini mempunyai bentuk mirip dengan jewawut baik itu ukuran maupun butiranya, namun godem mempunyai permukaan kulit yang berwarna hitam mengkilat dan cenderung agak halus sedikit. Godem kebanyakan hanyak dipakai saat memasuki musim hujan karena fungsinya hampir sama dengan ketan hitam sebagai penghangat, bahkan ada yang menggatakan bilamana seekor perkutut kurang rajin bunyi sebaiknya banyak dikasih makan godem, karena godem ini diyakini mampu merangsang bunyi seekor perkutut, namun begitu pemakaian yang sering dikuatirkan berujung merusak suara perkutut. Harga godem 30-40rb perkg.

6. Beras Merah
pemakain beras merah untuk pakan perkutut terasa kurang umum/lazim namun begitu tidak jarangpeternak yang memanfaatkan beras merah untuk pakan perkutut, terutama untuk perkutut didalam kandang ternak, kandungan vitamin e yang sangat tinggi didalam beras merah yang dimanfaatkan untuk memacu produktivitas indukan, selain itu untuk baby sister/puter atau piyik yang masih kecil diyakinin pemakaian beras merah ini sangat bagus untuk perkembanganya. Harga kisaran 5-7rb perkg

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © Budidaya burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo