Friday, April 12, 2013

Peluang bisnis usaha pohon jabon


Saat ini masih sedikit orang yang tahu dan mengerti tentang peluang bisnis atau usaha pohon jabon. Karena memang pohon ini tidak bisa tumbuh di sembarang tempat. Meskipun di berbagai tempat di Indonesia, tapi yang tahu tentang bisnis pohon jabon atau peluang usaha pohon  jabon masih sedikit. Jika sudah tahu perkembangan dan potensi dari pohon jabon yang sudah besar, ternyata memang sangat luar biasa potensi penghsailannya. Di bawah ini ada beberapa potensi penghasilan yang bisa anda dapatkan dengan memiliki tanaman jabon. Akan tetapi, anda akan lebih jelas jika mengetahui lebih detail mengenai pohon jabon. 
Peluang bisnis atau peluang usaha kayu yang satu ini (kayu jabon atau pohon jabon) adalah salah satu peluang usaha agribisnis yang  sedang berkembang pesat. Jabon (Anthocephalus cadamba) merupakan  jenis kayu yang pertumbuhannya sangat cepat dan dapat tumbuh subur di hutan tropis dengan ekologi tumbuh pada :

Ketinggian  : 10-2000m dpl
Curah hujan    : 1250-3000m/th
Perkiraan suhu   : 10 derajat  C – 40 derajat C
Kondisi tanah (PH)  : 4,5 – 7,5.

Pohon Jabon menjadi andalan industri perkayuan, termasuk kayu lapis. Karena Pohon Jabon mempunyai berbagai keunggulan dibandingkan dengan tanaman kayu lainnya termasuk sengon/albasia.

Keunggulan tanaman jabon atau pohon jabon: 

•    Pohon jabon tidak memerlukan perawatan khusus.
•    Tingkat kelurusan dari pohon jabon sangan bagus hingga tanaman jabon ini menjadi kayu super.
•    Umur tanaman  jabon siap dipanen 4 tahun sampai 5 tahun.

PERTUMBUHAN 
pertumbuhan sangat cepat dibandingkan dengan kayu keras lainnya termasuk bila dibandingkan dengan sengon (albasia), Jabon tergolong tumbuhan pionir sebagaimana sengon. Ia dapat tumbuh di tanah liat, tanah lempung podsolik cokelat, atau tanah berbatu. Sejauh ini jabon bebas serangan hama dan penyakit, termasuk karat tumor yang kini banyak menyerang sengon.

PENANAMAN & PERAWATAN
Jabon merupakan tanaman yang mudah tumbuh dan berkembang tidak memerlukan banyak perlakuan khusus dalam budidayanya.

PEMASARAN
Karena jenis kayunya yang berwarna putih agak kekuningan dan tanpa terlihat seratnya, maka kayu jabon sangat dibutuhkan oleh industri kayu lapis (plywood), industri meubel, pulp, produsen peti buah, mainan anak-anak, korek api, Alas sepatu, Papan, Tripleks. Hal inilah yang menyebabkan pemasaran kayu jabon sama sekali tidak mengalami kesulitan.

BATANG
•    Berbatang silinder dengan tingkat kelurusan yang sangat bagus.
•    Tidak memerlukan pemangkasan karena pada masa pertumbuhan cabang akan rontok sendiri.

NILAI EKONOMIS
Budidaya tanaman jabon akan memberikan berbagai keuntungan yang sangat menggiurkan apabila dikerjakan secara serius dan benar. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan pada tanaman jabon setelah dipanen pada usia 8-10 tahun (asumsi harga terendah, dan batang terkecil) pada setiap batang kayu jabon diperoleh :

  • Tinggi batang yang bisa terjual rata-rata 12m
  • Diameter batang rata-rata 30 cm

Maka dari tiap batang pohon jabon menghasilkan kayu yang bisa dijual sebanyak 1,5 kubik, sedangkan harga perkubik saat ini Rp 1.000.000,00. Sehingga harga terendah 1 batang pohon jabon usia 8-10 tahun minimal seharga Rp 1.500.000,00

INFORMASI PENTING MENGENAI POHON JABON
Harga kayu jabon perkubik pada tahun 2009 :

  • Middle 30-39 Rp 1.000.000
  • Middle 40-49 Rp 1.100.000
  • Middle 50 up Rp 1.200.000

Harga ini diprediksi akan mengalami kenaikan seiring dengan tingkat kebutuhan / permintaan yang semakin bertambah tiap tahunnya, sedangkan persediaan kayu jabon semakin lama semakin terbatas.

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © Budidaya burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo