Tuesday, April 23, 2013

Burung nuri abu abu sebagai peliharaan sejati


Beberapa ahli burung menganggap nuri abu-abu afrika sebagai spesies paling cerdas di antara keluarga burung paruh bengkok lainnya. Berikut ini panduan awal untuk penangkaran nuri abu-abu afrika.
Habitat asli burung nuri abu-abu hanya bisa ditemukan di Afrika Barat dan Afrika Tengah. Burung nuri amazon / amazon parrot yang dikenal cerdas pun sebenarnya masih kalah cerdas dari nuri abu-abu. Burung ini memiliki kemampuan menirukan suara yang luar biasa, sehingga membuatnya sangat popular di kalangan penggemar burung di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Harganya yang sangat tinggi membuat banyak orang ingin sekali menangkarnya. Dalam perdagangan satwa internasional, burung nuri abu-abu dimasukkan dalam Daftar CITES Lampiran II. Itu berarti Anda harus memperolehnya dari tempat penangkaran, dan tidak boleh didapatkan dari hasil penangkapan liar atau melalui pasar gelap.

Ini perlu menjadi pegangan bagi siapapun di Indonesia yang ingin memperoleh bahan nuri abu-abu afrika dari luar negeri. Anda juga bisa mendapatkannya dari toko burung atau importir burung yang ada di Indonesia, terutama yang dibekali dengan sertifikat.

Burung nuri abu-abu terdiri atas dua subspesies, yaitu :


  • Congo African Grey Parrot (Psittacus erithacus erithacus)
  • Timneh African Grey Parrot (Psittacus erithacus timneh)

Suara asli burung nuri abu-abu berupa siulan, suara klik dan suara lainnya. Tetapi jika sudah dilatih, dia bisa meniru  berbagai macam suara seperti kicauan burung, suara manusia, suara telepon, bunyi alarm, hingga suara lingkungan di sekitar yang sering didengarnya.

Bahkan burung ini mampu mengulangi apa yang diucapkan pemiliknya dengan cepat, mampu menyimpan lebih dari 3.000 kata, bahkan bisa menguasai simbol visual tertentu hingga 400 jenis. Yang dimaksud simbol visual antara lain mancung – pesek, hitam – putih, gendut – kurus, cantik – jelek, gembira – sedih, tertawa – menangis, dan sejenisnya.

Jadi, ketika Anda menangis, jangan heran jika burung ini akan berusaha menghibur Anda dengan kata-kata yang sudah dikuasainya. Ada peristiwa dramatik di Inggris, akhir tahun lalu, ketika seorang psikolog putri menerima pesan terakhir dari nuri abu-abu berumur 32 tahun, yang dipeliharanya sejak berumur 1 tahun. Sebelum meninggal, burung ini meminta majikannya jangan bersedih dan tetap semangat menjalankan kehidupan jika ia meninggal. Dan, burung itu pun akhirnya memang meninggal dunia.

Itulah beberapa kelebihan burung nuri abu-abu, yang membuatnya makin makin populer terutama di Eropa dan AS. Mungkin karena masyarakat di sana makin individualistis, sehingga burung cerdas seperti nuri diposisikan sebagai sahabat dan teman bermain paling mengasyikkan, apalagi masa hidupnya terbilang panjang, sekitar 25 hingga 50 tahun.

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © Budidaya burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo