Saturday, March 30, 2013

Lidah buaya untuk burung yang suka mencabuti bulunya


Efektif untuk burung  mencabut bulunya
Wah, masih ada lagi nih manfaat lidah buaya, yaitu bisa digunakan untuk terapi burung yang suka menggigit / mencabuti bulu-bulunya sendiri.
Dalam hal ini, gel lidah buaya dibuat cairan terlebih dulu, lalu dimasukkan dalam botol sprayer dan disemprotkan ke kulit dan bulu burung. Cairan ini bisa “menenangkan” kulit yang mengalami iritasi akibat dari perilaku burung yang sering mencabuti bulu-bulunya.
Tetapi perlu digarisbawahi, perilaku burung seperti ini bisa disebabkan oleh dua hal. Pertama, burung stres, sehingga terapi ini bisa dibenarkan. Kedua, banyak kutu / tungau yang menempel pada bulu dan kulit. Terapi lidah buaya menjadi percuma, jika sumber penyebabnya belum teratasi. Kutu / tungau hanya bisa dibasmi dengan insektisida yang khusus dan aman untuk burung.
Memberikan lidah buaya sebagai pakan burung juga bisa membantu mencegah kerusakan bulu. Efektivitasnya terutama karena tanaman ini mengandung magnesium lactate, zat kimia yang dikenal sebagai penghambat pelepasan histamin, yang sering menyebabkan iritasi kulit dan rasa gatal.

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © Budidaya burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo