Tuesday, March 5, 2013

Indukan lovebird sangat sensitif

 Indukan lovebird sensitif adalah indukan yang tidak terbiasa dengan keberadaan manusia atau pemiliknya sehinga jika sering dilihat telur dan anaknya menyebabkan sang indukan lovebird ngambek dan tidak mau angkrem atau anakan dibunuh. 

Indukan yang sensitif biasanya jenis Lutino dan Albino, yaaa yang lain juga ada yang sensitif tapi ga seperti lovebird mata merah.  Bila indukan lovebird yang sensitif ketika kita ganggu lovebird akan berpikir bahwa telur dan anaknya dalam keadaan bahaya nah insting binatang disini mulai bekerja, dari pada dimangsa oleh pemangsa untuk melindungi telur dan anaknya lebih baik dia membunuh atau memakan sendiri anakan dan telurnya.

Bagi indukan lovebird yang sensitif  dianjurkan jangan sering-sering mengintip glodok, nah mungkin timbul pertanyaan bagaimana mengetahui anakan itu sudah menetas atau belum? Sebenarnya itu bisa dilihat dari tingkah laku indukan seperti bila diberi jagung selalu habis bersih dan tidak tersisa, bulu dibawah paruh biasanya kotor karena sedang memberi makan sang anak.

Atau bagi pemula siapkan kertas dan bolpoint, bila sudah melihat pantat lovebird besar biasanya akan bertelur nah coba lihat glodoknya kalo sudah bertelur dicatat tanggal berapa bertelur, lalu hitung masa tetasnya telur akan menetas setelah 21 hari sejak telur pertama atau untuk amannya anda hitung 25 hari dari telur pertama baru setelah itu dilihat 1x aja kalo sudah menetas berikan jagung dan kangkung yang lebih, agar indukan lovebird dapat memberi makan anaknya dengan baik.  Jika sudah menetas jangan sering dilihat percaya sama indukannya saja bahwa sang indukan akan memelihara dan membesarkan anak-anaknya dengan sebaik-baiknya. 

Satu lagi solusi yang mungkin bisa dilakukan bila indukan lovebird sensitif bertelur kita bisa memindahkan  atau menukar telurnya keindukan lain yang sedang menelur juga, pilih indukan yang tidak sensitif, pintar angkrem dan pintar merawat anaknya. Kalau bisa lakukan pemindahan dan penukaran pada malam hari tapi dalam keadaan gelap, kalau terang walau dilakukan malam hari yaaaa ga ada gunanya, betul tidak ?
 

Yang penting untuk melakukan penukaran telur antara indukan 
  • dengan yang lainnya adalah anda harus punya lebih dari satu indukan 
  • Adakalanya karena indukan Lovebird yang sensitif dia tidak mau mengasuh anakannya. Jika kita menemukan kasus seperti ini, tidak ada cara lain kecuali harus diangkat dan disuapi sendiri. Siapkan kotak secukupnya yang didalamnya terdapat lampu bohlam 5 watt yang berfungsi sebagai penghangat. Anak Lovebird harus disuapi setiap 2 jam sekali. Makanan yang paling sesuai pada masa tersebut adalah bubur susu untuk bayi. Campurkan bubur susu dengan air matang (hangat-hangat kuku), lalu gunakan sendok atau suntikan yang diberi pentil sepeda untuk menyuapi anak burung. Tingkat kekentalan makanan tersebut harus disesuaikan dengan usia anak burung, pemberian makanan yang terlalu kental atau terlalu banyak akan menyebakan makanan tersebut tidak bisa dicerna dengan baik sehingga menyebabkan kematian bagi si bayi lovebird. Semakin bertambah usianya, semakin kental bubur susu yang diberikan. Setelah berumur 3 – 4 minggu, kita sudah boleh mulai memperkenalkan jenis makanan lain seperti sayuran, buah-buahan dan millet.


0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © Budidaya burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo